Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Bagaimana Cara Menurunkan Kolesterol Secara Alami Tanpa Obat?

Kolesterol merupakan salah satu penyakit yang sering dikeluhkan menyerang orang-orang dewasa, terlebih lanjut usia. Meski bisa sembuh dengan obat, ada cara alami untuk menyembuhkan penyakit ini. Salah satunya memakai air fryer ketika memasak.

Air fryer memiliki kemampuan yang canggih untuk mengurangi penggunaan minyak untuk mengolah makanan. Dengan begitu, hasil masakan bisa lebih menyehatkan dan mengurangi risiko meningkatkan kolesterol.

5 Cara Menurunkan Kadar Kolesterol Secara Alami

Cara Menurunkan Kadar Kolesterol Secara Alami

Obat memang tersedia di tenaga medis. Namun, akan lebih baik jika Anda memilih cara alami untuk mengurangi kolesterol. Berikut adalah 5 cara paling aman yang dapat Anda coba:

1. Rutin Berolahraga

Olahraga menjadi salah satu cara terbaik untuk menurunkan kadar kolesterol Anda. Selain itu, olahraga juga bisa membuat daya tahan tubuh Anda semakin kuat. Sementara itu, ada beberapa jenis olahraga rutin kolesterol yang cukup rekomendasi.

Diantaranya ialah berenang, jalan kaki, bersepeda, berkebun, aerobik, dan lain sebagainya. Usahakan untuk mengatur waktu Anda supaya bisa menjalankan aktivitas ini.

Tidak perlu berjam-jam, cukup 30 menit saja setiap hari dan Anda akan memperoleh manfaat terbaiknya.

2. Menghentikan Kebiasaan Merokok

Meski jarang dibahas, merokok sebenarnya juga berpengaruh untuk menaikkan kolesterol dalam tubuh. Ini dikarenakan ada begitu banyak kandungan atau zat berbahaya dalam rokok yang bisa merusak sebagian besar fungsi organ.

Maka dari itu, tips hidup sehat untuk menyembuhkan penyakit kolesterol adalah mengehentikan kebiasaan merokok. Stop secara perlahan dan latih tubuh Anda untuk tidak lagi menerima nikotin.

3. Mengonsumsi Makanan Sehat

Tips ketiga adalah mengonsumsi makanan sehat, terutama makanan rendah lemak dan manis. Lemak jahat yang bersarang dan menumpuk dalam tubuh akan berubah menjadi penyakit kolesterol.

Makanya, orang-orang yang memiliki penyakit ini dibatasi mengonsumsi daging secara berlebihan supaya tidak mengandung lemak jahat lainnya.

Perlu Anda ketahui jika pemakaian minyak goreng berlebihan nyatanya juga bisa memicu kolesterol. Untuk menghindari dampak buruknya, sudah pasti Anda perlu memikirkan langkah yang tepat dalam memasak.

Yakni, dari pemakaian penggoreng biasa menjadi Air Fryer Low Watt untuk mengurangi penggunaan minyak goreng. Alat ini memiliki beberapa keunggulan seperti, tidak lengket, daya rendah, serta kapasitas besar.

Dengan alat ini, Anda bisa menggoreng makanan tanpa harus memakai minyak, memanggang, mengeringkan buah, memanaskan dan mencairkan makanan beku. Praktis untuk kebutuhan memasak Anda di rumah.

4. Memperbanyak Asupan Makanan Berserat

Makanan tinggi serat tidak hanya bagus untuk kesehatan pencernaan, tetapi juga menjadi salah satu makanan terbaik untuk menurunkan kolesterol secara alami. Serat berfungsi untuk mengikat lemak.

Jadi, memperbanyak asupan ini akan membantu penyerapan kolesterol dalam jumlah banyak pada usus. Sementara itu, makanan berserat bisa Anda peroleh dari beberapa sumber daya alami. seperti sayuran, kacang-kacangan, dan gandum.

Jika tidak suka makanan-makanan tersebut, Anda juga bisa menggantinya dengan herbal penurun kolesterol. Herbal ini mengandung banyak vitamin dan juga serat. Jadi, kebutuhan serat Anda bisa terpenuhi meski hanya mengonsumsi satu jenis herbal saja.

5. Mengelola Stress

Kondisi stress dalam jangka waktu yang lama bisa membawa dampak buruk untuk tubuh Anda. Salah satunya adalah meningkatkan kadar kolesterol jahat (LDL) dan trigliserida.

Ini dikarenakan ketika sedang stress, tubuh akan melepaskan hormon kortisol yang bisa mempengaruhi kadar kolesterol dalam tubuh. Jika dibiarkan, semakin lama kolesterol akan semakin meningkat dan membahayakan.

Untuk itu, para penderita harus bisa mengontrol pikirannya. Jangan sampai stress berlebihan dan selalu pikirkan suasana hati. Hindari hal-hal yang sekiranya membebani, dan abaikan hal-hal yang tidak terlalu penting.

Renyah Tanpa Minyak, Aman untuk Kolesterol

Bagi Anda yang memiliki masalah kolesterol, memilih metode memasak yang tepat bisa membantu menjaga kesehatan. Salah satunya yaitu dengan menggunakan air fryer. Alat ini menawarkan alternatif lebih sehat untuk menggoreng makanan tanpa menggunakan banyak minyak.

Dengan menggunakan sirkulasi udara panas, air fryer mampu membuat makanan renyah layaknya digoreng, meski tanpa menggunakan minyak. Hal ini penting bagi penderita kolesterol karena penggunaan minyak berlebih dapat meningkatkan kadar kolesterol jahat (LDL) dalam tubuh. Memasak dengan air fryer secara signifikan mengurangi asupan minyak, sehingga lebih aman bagi jantung dan pembuluh darah.

Air Fryer Low Watt

Ini dia beberapa manfaat air fryer untuk penderita kolesterol maupun bagi Anda yang ingin mengurangi risiko kolesterol:
  • Rendah Minyak: Mengurangi asupan lemak jenuh dari makanan sekaligus menghemat penggunaan minyak.
  • Hasil Tetap Renyah: Anda tetap bisa menikmati tekstur renyah tanpa risiko minyak berlebih.
  • Pilihan Sehat untuk Gorengan: Cocok untuk menggantikan gorengan yang biasanya tinggi kolesterol.
  • Praktis dan Cepat: Memasak dengan air fryer hemat waktu dan lebih mudah dibandingkan menggoreng tradisional.
  • Makanan Lebih Sehat: Hasil akhir lebih rendah lemak tanpa mengorbankan rasa.
  • Aman untuk Jantung: Membantu menjaga kolesterol tetap terkendali, sehingga baik untuk kesehatan jantung.
  • Bisa Masak Beragam Makanan: Anda bisa masak aneka makanan dengan Air Fryer, mulai dari gorengan, sayur panggang, steak, hingga kue sederhana.
Alat tersebut sudah terbukti membantu para pengguna untuk menciptakan makanan sehat yang aman untuk penderita kolesterol. Selain canggih dan banyak manfaatnya, Anda bisa mendapatkan harga murah jika membeli sekarang!

Posting Komentar untuk "Bagaimana Cara Menurunkan Kolesterol Secara Alami Tanpa Obat?"