Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Bagaimana Cara Menjaga Mata Agar Tetap Sehat?

Cara menjaga kesehatan mata sangat penting dilakukan guna agar terhindar dari berbagai masalah pada mata. Jika kondisi mata buruk, kemungkinan besar akan menyebabkan banyak masalah mata, seperti infeksi, glaukoma, hingga kebutaan.

Pafikotaranai.org menyarankan agar selalu menjaga kesehatan mata agar terhindar dari berbagai masalah buruk pada mata. Untuk cara-cara yang dapat dilakukannya pun sangat beragam, mulai dari penerapan pola hidup sehat hingga pemeriksaan rutin ke dokter.

Tips Mudah Menjaga Kesehatan Mata

Tips Mudah Menjaga Kesehatan Mata

Mengingat fungsi mata sangat penting bagi manusia, tentu harus selalu dijaga kesehatannya. Menjaga kesehatan mata memang terdengar sepele namun sangat berpengaruh terhadap penglihatan apabila tidak dilakukan dengan benar. Berikut ini tips yang dapat Anda terapkan untuk menjaga kesehatan mata:

1. Konsumsi Makanan Bergizi

Tips menjaga kesehatan mata pertama adalah mengkonsumsi makanan yang mengandung gizi. Untuk menjaga kesehatan mata, disarankan bagi Anda untuk mengkonsumsi makanan yang kaya akan nutrisi. Anda dapat mengkonsumsi makanan yang mengandung Vit A, Vit C, Vit E, Selenium, Lutein, atau Asam Lemak Omega 3.

Beberapa kandungan makanan tersebut mampu mengatasi masalah mata, khususnya masalah mata yang dipengaruhi oleh faktor usia seperti katarak. Untuk melengkapi nutrisi seperti yang disarankan di atas, Anda dapat mengkonsumsi ikan, telur, sayuran hijau, dan kacang-kacangan.

2. Jangan Menggunakan Gawai Terlalu Lama

Tips jaga kesehatan mata selanjutnya adalah menghindari penggunaan gawai yang terlalu lama. Menatap layar gawai atau komputer terlalu lama akan menyebabkan mata lelah dan apabila diabaikan tentu akan mempengaruhi kerusakan saraf pada mata.

Jadi jika Anda bekerja di depan komputer, pastikan untuk mengistirahatkan mata sejenak dengan cara mengalihkan pandangan setiap 20 menit sekali.

3. Periksa Mata Secara Rutin

Tips menjaga kesehatan mata anak berikutnya adalah dengan rutin melakukan pemeriksaan mata. Sebenarnya, mulai dari anak-anak hingga lansia sangat dianjurkan untuk melakukan pemeriksaan mata secara rutin paling tidak sekali dalam 2 tahun.

Periksa mata secara rutin bertujuan untuk mencegah terjadinya masalah pada mata. Selain itu, dengan periksa mata maka dokter akan mengetahui masalah mata yang terjadi karena beberapa faktor, sehingga bisa dilakukan pengobatan lebih lanjut.

4. Hindari Sinar Ultraviolet Secara Langsung

Tips menjaga mata agar tetap sehat yaitu dengan menghindari paparan sinar ultraviolet. Sebab, jika mata sering terpapar oleh sinar ultraviolet maka akan memberikan risiko, seperti pinguecula, degenerasi makula, katarak, hingga kanker mata.

Jadi, sebagai salah satu cara untuk menjaga kesehatan mata, pastikan Anda bisa melindungi mata dari paparan sinar UVA UVB. Anda bisa menggunakan kacamata hitam atau topi jika memang cuaca di luar rumah sangat terik.

5. Lebih Teliti Saat Menggunakan Make Up

Tips untuk menjaga kesehatan mata berikutnya adalah hati-hati ketika menggunakan make up yang berbentuk cairan atau krim. Hal ini seringkali disepelekan, khususnya oleh para wanita.

Make up yang berbentuk cairan atau krim pada dasarnya menjadi tempat yang rentan akan pertumbuhan bakteri. Pertumbuhan bakteri lebih cepat terjadi apabila penggunaan make up yang kurang higienis. Bakteri yang dimunculkannya tersebut akan mempengaruhi kesehatan mata apabila tidak sengaja masuk ke mata.

Oleh sebab itu, Anda bisa lebih hati-hati ketika menggunakan make up dan pastikan untuk selalu menyimpannya di tempat yang bersih. Selain itu, Anda juga bisa meminta rekomendasi kepada ahli farmasi Indonesia Pafikotaranai.org tentang skincare apa yang aman bagi kesehatan mata.

Posting Komentar untuk "Bagaimana Cara Menjaga Mata Agar Tetap Sehat?"