Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Apa saja Perlengkapan dalam Olahraga Berkuda?

Perlengkapan berkuda merupakan hal paling krusial yang harus dipersiapkan supaya bisa menjamin keselamatan Anda selama kegiatan berlangsung.

Tentu, perlengkapan ini juga berperan besar dalam peningkatan performa juga menjadi etika dan standar dalam olahraga berkuda yang perlu diikuti.

Memang apa saja perlengkapan yang Anda butuhkan di tempat latihan berkuda supaya lebih aman dan kondusif? Simak ulasan lengkapnya di artikel berikut ini!

4 Perlengkapan Berkuda yang Wajib Dimiliki

Perlengkapan Berkuda yang Wajib Dimiliki

Secara umum, ada beberapa manfaat olahraga berkuda bagi para pelakunya, termasuk membantu memperbaiki postur tubuh, memperkuat otot sekaligus menjaga kesehatan tubuh.

Namun untuk mendukung hal tersebut dan mencegah terjadinya cedera yang tak diinginkan, maka ada beberapa jenis perlengkapan berkuda yang wajib Anda miliki, diantaranya adalah:

1. Helm

Hal utama yang biasanya disarankan oleh pelatih berkuda profesional khususnya bagi para pemula adalah penggunaan helm.

Sebab helm berfungsi untuk melindungi kepala Anda dari potensi cedera yang biasanya diakibatkan karena jatuh dari kuda.

Helm yang digunakan harus memenuhi standar keamanan yang telah ditetapkan oleh federasi olahraga berkuda.

Oleh karena itu, dalam memilih helm pastikan agar sesuai dengan ukuran kepala atlet juga sangat penting agar helm dapat memberikan perlindungan yang maksimal.

2. Sepatu Boot Khusus Berkuda

Selain itu, sebenarnya ada banyak jenis kuda untuk pemula yang biasanya akan disarankan khususnya pada Anda. Akan tetapi, apapun jenis kuda yang Anda gunakan, penting juga untuk menungganginya menggunakan sepatu khusus.

Sepatu yang digunakan biasanya berupa boot khusus berkuda yang sudah dirancang khusus untuk memberikan kenyamanan dan perlindungan pada kaki atlet saat naik kuda.

Sebab sepatu berkuda umumnya memiliki sol yang tahan air dan anti selip agar atlet dapat mengendalikan kuda dengan lebih baik.

3. Pelindung Siku dan Lutut

Pelindung siku dan lutut atau elbow & knee pad juga menjadi perlengkapan yang sangat disarankan khususnya untuk para pemula.

Perlengkapan ini bertujuan untuk melindungi bagian-bagian tubuh yang rentan terhadap cedera saat jatuh dari kuda.

Memilih pelindung tubuh yang berkualitas dan sesuai dengan ukuran tubuh atlet juga sangat penting untuk memberikan perlindungan yang maksimal.

Hal esensial ini bahkan juga disampaikan dalam pelajaran berkuda oleh sebuah lembaga pelatihan horse riding yaitu South Horse Stables.

Akses detail dari course tersebut sudah bisa Anda akses secara lengkap pada website resminya di https://www.southhorsestables.com/.

4. Sarung Tangan

Terakhir, sarung tangan penting juga digunakan untuk melindungi tangan dari gesekan yang keras dan mencegah lecet atau luka akibat tali kekang yang digunakan saat mengendalikan kuda.

Selain itu, sarung tangan juga dapat membantu mengurangi tekanan yang diberikan saat menarik kekang agar kuda bisa bergerak sesuai dengan yang diinginkan.

Ditambah perlengkapan ini juga mampu memberikan perlindungan tambahan agar tangan tak terluka ataupun tergores benda-benda tajam yang mungkin ada di sekitar area berkuda.

Demikianlah 4 perlengkapan olahraga yang wajib Anda persiapkan sebelum benar-benar mulai melakukannya.

Namun sebelum itu, pastikan untuk melengkapi pengetahuan Anda mengenai berkuda langsung pada ahlinya yaitu South Horse Stables.

Posting Komentar untuk "Apa saja Perlengkapan dalam Olahraga Berkuda?"