Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Memahami Apa Itu Karies Gigi, Penyebab dan Cara Mengatasinya!

Gangguan karies dan pencarian klinik gigi terbaik tentu menjadi hal yang sulit untuk dipisahkan. Hal ini mengingat karies hanya efektif diatasi dengan bantuan dari para ahli, yaitu dokter gigi di klinik.

Namun gangguan apa sebenarnya karies gigi ini? Kenapa harus segera diatasi jika ternyata terjadi pada diri Anda? Yuk simak penjelasannya di bawah ini!

Apa Itu Karies Gigi?

Karies gigi adalah sebuah masalah kesehatan dimana gigi mengalami lubang akibat kerusakan yang terjadi pada bagian luar dan dalam.

Kondisi gangguan ini biasanya akan menyerang saraf dan diakibatkan oleh bakteri Streptococcus mutans di dalam mulut sehingga menyebabkan rasa sakit yang luar biasa.

Penyebab Karies Gigi

Memahami Apa Itu Karies Gigi, Penyebab dan Cara Mengatasinya!

Penyebab gigi berlubang atau karies ini merupakan hal yang wajib diketahui terlebih dahulu supaya dapat mencegah penyakit tersebut terjadi pada diri Anda maupun orang tersayang.

Beberapa penyebab karies yang wajib untuk diperhatikan ini antara lain adalah:

1. Terlalu Banyak Konsumsi Gula

Konsumsi gula dan makanan yang mengandung karbohidrat berlebih lalu tidak membersihkan gigi setelahnya menjadi sasaran empuk terbentuknya plak pada gigi Anda.

Bakteri akan cepat memakan kandungan gula dan pati yang tertinggal dalam gigi inilah yang akan membentuk lapisan keras atau plak.

Akumulasi dari plak maupun kandungan air liur yang bersentuhan dengan bagian tersebut nantinya akan mengeras dan menciptakan pelindung bagi bakteri. Jadi, pembentukan karies jadi lebih mudah untuk terjadi.

Ini jugalah yang menjadi salah satu penyebab terjadinya karies gigi pada anak, terutama yang jarang membersihkan giginya.

2. Lokasi Gigi

Lokasi gigi juga seringkali menjadi penyebab terjadinya karies, khususnya pada bagian geraham.

Terlebih, geraham memiliki jarak yang cukup jauh dan sulit dijangkau dengan sikat gigi sehingga apabila ada area yang terlewat maka penumpukan sisa makanan. Hal inilah yang memicu karies gigi geraham terjadi.

3. Jarang Membersihkan Gigi

Terakhir, karies gigi juga disebabkan karena bakteri yaitu Streptococcus mutans. Bakteri inilah yang bekerja untuk mengolah gula dan karbohidrat dari makanan yang dikonsumsi menjadi cairan masam pada gigi.

Sayangnya, penumpukan cairan asam yang berlebihan ini berpotensi menyebabkan kerusakan pada permukaan gigi. Oleh karena itulah, penting untuk membersihkan gigi secara rutin terutama sehabis makan dan sebelum tidur.

4. Riwayat Gangguan Pencernaan

Terakhir, Anda juga bisa mengalami karies gigi karena penyakit GERD dan atau gangguan pencernaan lainnya seperti anoreksia dan bulimia.

Gangguan pencernaan inilah yang akan memicu naiknya asam lambung yang naik ke bagian kerongkongan dan menyebar ke bagian mulut sehingga enamel gigi bisa mengalami kerusakan atau karies.

Cara Mengatasi Karies Gigi

Saat sudah terlanjur mengalami karies gigi, satu satunya cara yang bisa Anda lakukan yaitu datang langsung ke ahlinya untuk segera diberikan perawatan sebelum menjadi lebih parah.

Beberapa prosedur perawatan dari dokter klinik gigi yang biasanya akan ditawarkan kepada para pasiennya yang sudah terlanjur mengalami karies agar tidak tersebar ke bagian gigi lainnya antara lain adalah:

1. Pencabutan Gigi

Pencabutan gigi ini biasanya akan dilakukan sebagai pilihan terakhir saat karies di gigi sudah sangat parah dan berpotensi mengganggu kerja saraf dan mencegah infeksi meluas.

Perawatan ini dilakukan setelah dokter setelah memberikan terapi pengobatan lain sebelumnya.

2. Pembersihan Gigi

Apabila masih dalam kondisi ringan, dokter biasanya hanya akan melakukan beberapa tindakan seperti membersihkan karang gigi, terapi fluoride dan menambal gigi yang berlubang.

Jadi penumpukan makanan yang tidak bisa dibersihkan dengan sikat gigi bisa dibuang sehingga potensi pertumbuhan bakteri tidak akan mengalami peningkatan.

3. Penambalan Gigi

Dokter di klinik gigi biasanya juga akan menyarankan terapi penambalan yaitu dengan membuang jaringan lunak dari gigi yang terkena infeksi karies menggunakan bor.

Barulah setelah itu dokter akan dilakukan penutupan untuk mencegah bakteri masuk ke dalam.

4. Perawatan Pada bagian Pulpa

Terakhir, secara umum karies akan menyerang bagian akar gigi sehingga terjadi kerusakan yang cukup serius pada kanal akar dan pulpa gigi. Pada saat inilah, pulpa gigi akan dibersihkan lalu dibuang.

Dokter akan memberikan obat anti infeksi untuk memastikan pulpa bersih dan bebas infeksi. Bagian inilah yang kemudian akan diganti dengan material buatan dengan cara yang hampir serupa dengan proses penambalan gigi.

Ingin Mengobati Karies Gigi yang Terjamin Efektif? Yuk Cek Klinik Gigi Happy Dental Clinic

Jika Anda sedang menghadapi gangguan gigi yang cukup mengganggu kegiatan seperti karies, maka penting untuk segera melakukan penanganan dengan datang ke klinik gigi terdekat yang terpercaya.

Semua keluhan karies gigi Anda bisa dikonsultasikan langsung dengan dokter gigi yang berpengalaman dari Happy Dental Clinic.

Semua dokter di Happy Dental Clinic sudah berpengalaman sehingga akan memastikan kenyamanan perawatan gigi Anda saat datang berkunjung.

Saat ini bahkan Happy Dental Clinic sudah memiliki lebih dari 21 cabang yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia mulai dari Jakarta, Tangerang, Cibubur, Bekasi, Bandung, Batam, Makassar, dan Denpasar.

Alat-alat yang digunakan juga canggih dan terbaru serta selalu banyak promo menarik yang menunggu. Jadi jangan ragu lagi, jika Anda mencari klinik gigi terdekat dan terpercaya, maka Happy Dental Clinic solusinya!

Posting Komentar untuk "Memahami Apa Itu Karies Gigi, Penyebab dan Cara Mengatasinya!"